Senin, 17 September 2012

Ancaman Bahaya di balik Pemasangan Roda Mobil?

Assalamulaikum wr. Wb.

Rekan-rekan sekalian, apakah rekan-rekan pernah memikirkan betapa seriusnya permasalahan dalam membuka dan memasang roda kendaraan? Sangat jarang dari kita yang peduli akan hal ini. Kita beranggapan bongkar pasang roda kendaraan adalah hal yang biasa. Padahal kenyataannya, tidak sedikit orang-orang yang mengalami kesulitan dan permasalahan yang berarti akibat dari proses bongkar pasang roda mobil yang tidak presisi. Tidak presisi disini dapat diartikan bahwa baut roda kita pasang terlalu kencang atau agak kekendoron, karena hanya mengikuti kekuatan tangan kita, bukan berdasar ukuran tertentu yang baku atau yang biasa kita kenal dengan ukuran TORSI sehingga tidak seluruh baut roda memiliki kekuatan cengkeram yang sama satu dengan yang lainnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan TORSI baut roda adalah sebagai berikut "

  1. Ukuran torsi nut/baut roda kendaraan dapat berubah-ubah dipengaruhi oleh perubahan suhu sekitarnya. (Toleransi perubahan ukuran torsi nut roda dibatasi maksimum 30%). Oleh sebab itu, apabila terjadi pengencangan nut roda mobil yang tidak semestinya (misalkan terlalu kencang), maka akan dapat menyebabkan permasalahan yang serius dan keselamatan pengemudi akan sangat terancam terutama saat mengemudikan dalam kecepatan tinggi.
  2. Ketidakseimbangan antara roda-roda dan sumbu-sumbu mobil bisa jadi disebabkan oleh pengencangan nut roda yang tidak semestinya. Dampak dari ketidaksemibangan (unbalanced) ini adalah dapat berangsur-angsur menyebabkan kerusakan pada kendaraan mobil Anda.
  3. Roda-roda mobil di pabrik dirangkai menggunakan kunci torsi yang sangat presisi dan terhubung secara komputerisasi (harganya kurang lebih US$ 1 juta) dikarenakan ukuran torsi dari nut-nut roda merupakan hal yang sangat kritis bagi keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu, pengencangan nut-nut roda yang serampangan dilakukan di bengkel-bengkel roda yang tidak dilengkapi kunci torsi yang terkomputerisasi, akan berpotensi menimbulkan permasalahan keselamatan berkendara yang serius dikarenakan setiap nut tidak mendapatkan ukuran torsi yang seragam sama besarnya..
  4. Nut roda mobil Anda dapat berangsur-angsur menjadi rusak disebabkan oleh pengencangan nut roda yang tidak sesuai prosedur yang dilakukan berulang kali di bengkel yang tidak dilengkapi kunci torsi yang terkomputerisasi. Apabila hal ini dibiarkan, bisa jadi nut roda mobil Anda pecah saat Anda mengemudikan kendaraan Anda.


 

Berdasar uraian di atas, dapat kita tarik suatu kesimpulan kecil bahwa kegiatan bongkar pasang roda bisa menjadi potensi bahaya di dalam berkendara apabila tidak dilaksanakan di bengkel yang dilengkapi kunci torsi yang terkompterisasi.

Pertanyaan yang akan muncul adalah : Apakah kita harus selalu mencari bengkel yang memiliki fasilitas kunci torsi yang terkomputerisasi? Sementara kegiatan ganti ban bisa saja terjadi di mana saja, bisa di tengah jalan tol ataupun jalan antar provinsi yang jauh dari peradaban.

Jawabannya adalah : TIDAK. Kita tidak harus repot-repot mencari bengkel tersebut, karena sekarang sudah hadir sebuah alat kunci nut roda yang memiliki kemampuan mendekati kunci torsi yang terkomputerisasi. Alat itu bernama TIRE TORQ.


 

Apa itu TIRE TORQ?

TIRE TORQ adalah sebuah kunci roda mobil yang sangat kuat dan eksklusif untuk mengendorkan dan mengencangkan nut-nut roda mobil Anda yang dilengkapi dengan suatu mekanisme untuk menghasilkan ukuran torsi yang sesuai. Dengan demikian, seluruh nut roda akan mendapatkanukuran torsi yang seragam, sama besar.


 

Apa sih keunggulan TIRE TORQ?

Beberapa keunggulan TIRE TORQ diciptakan untuk menjawab permasalahan serius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar